Home » » Nasihat untuk ahlul Jihad, Capailah Sebab-Sebab Kemenangan!

Nasihat untuk ahlul Jihad, Capailah Sebab-Sebab Kemenangan!

Syekh Manshur Asy-Syamiy dalam bukunya "Nasihat Bagi Ahlul Jihad" pernah menjelaskan bahwa Ahlul Haq itu (bagaikan) pasak. Ketukan dan tekanan tidak menambah kepada mereka kecuali keteguhan dan kekokohan. Kekerasan tidak menambah pada mereka kecuali kekerasan. Tes menjadi bagi mereka obat. Cobaan bagi mereka adalah pemberian. Keselamat an bukanlah dalam uluran tangan manusia ketika tes itu bertambah keras dan kondisi bertambah gelap (sulit). 

Subhanallah, demikianlah seharusnya Ahlul Haq dan kita harus terus mengupayakan kekuatan dan ketabahan tersebut. Syekh Manshur kemudian melanjutkan bahwa keamanan adalah dalam kesabaran dan keteguhan, sebagaimana firman Allah SWT: 

"Maka Alloh berikan kepada mereka pahala di dunia dan pahala yang baik di akhirat. Dan Alloh menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan. "(QS. Alu 'Imron: 148) 

Dia juga berfirman tentang sahabat-sahabat nabi shollallohu 'alayhi wa sallam ketika mereka bersabar dan tawakkal kepada-Nya: 

"Maka mereka kembali dengan nikmat dan karunia (yang besar) dari Alloh, mereka tidak mendapat bencana apa-apa, mereka mengikuti keridhaan Alloh. dan Alloh memiliki karunia yang besar. "(QS. Alu 'Imron: 174) 

Sungguh dalam hati orang-orang yang yakin dan dalam dada orang-orang yang bertauhid telah mantap bahwa tidak ada yang memiliki kemenangan kecuali Alloh ta'ala sebagaimana firman Alloh ta 'ala: 

"Kemenangan itu tidak lain (datang) dari sisi Alloh Yang Maha mulia lagi bijaksana." (QS. Alu 'Imron: 126) 


Mencapai Sebab-Sebab Kemenangan 

Menariknya, dalam bukunya tersebut, Syekh Manshur Asy-Syamiy merinci dan menjelaskan hakikat kemenangan dan bagaimana mencapai sebab-sebab kemenangan tersebut. Syekh Manshur berkata: 

"Kemenangan itu hanya di tangan Alloh saja. Sedangkan seorang hamba tidak dapat menimpakan bahaya dan manfaat kepada dirinya sendiri. Maka yang menjadi kewajiban bagi hamba itu adalah mengusahakan sebab-sebab yang dapat mendatangkan pertolongan Alloh ta'ala. Inilah yang mampu diperbuat seorang hamba dan yang Alloh bebankan kepadanya. " 

Di antara sebab-sebab ini adalah doa kepada Alloh ta'ala, berlindung kepada-Nya dengan sungguh-sungguh memohon dan merengek, dan merasa bahwa kita fakir, lemah dan membutuhkan-Nya. Demi Alloh, jika Alloh ta'ala tidak menolong kita, maka kita tidak akan mendapatkan pelindung dan penolong selain-Nya. Doa adalah senjata yang paling kuat yang kita gunakan untuk menyerang musuh kita. Hal ini sebagaimana firmanNya: 

"(Ingatlah) Ketika kalian meminta pertolongan kepada Robb kalian, lalu Dia jawab (permintaan) kalian, 'bahwa Aku bantu kalian dengan seribu malaikat yang berurutan (datangnya).'" (QS. Al-Anfal: 9) 

Lalu, apakah sebab-sebab kemenangan itu? 

Syekh Manshur menjelaskan bahwa di antara sebab-sebab (datangnya kemengan) adalah sabar. Alloh ta'ala berfirman: 

"Dan bersabarlah kalian, sesungguhnya Alloh bersama orang-orang yang bersabar." (QS. Al-Anfal: 46) 

Alloh ta'ala juga berfirman: 

"Ya (cukup), jika kalian bersabar dan bertakwa, dan mereka datang menyerang kamu dengan tiba-tiba saat itu juga, niscaya Robb kalian akan menolong kalian dengan lima ribu malaikat yang memakai tanda. "(QS. Alu 'Imron: 125) 

Alloh ta'ala juga berfirman: 

"Berapa banyak kelompok yang (berjumlah ) sedikit mengalahkan kelompok yang (berjumlah) banyak dengan izin Alloh. Dan Alloh bersama orang-orang yang bersabar. "(QS. Al-Baqoroh: 249) 

At-Thobari rohimahulloh berkata dalam (mengomentari) firman Alloh ta'ala, "dan Alloh bersama orang-orang yang bersabar." (QS. Al- Baqoroh: 249), 

"(Ini) berarti, dan Alloh menolong orang-orang yang bersabar dalam jihad fii sabilillah dan (yang bersabar dalam) ketaatan kepada-Nya. (Dia juga akan) membantu dan memenangkan mereka dalam (melawan) musuh-musuh-Nya yang menghalang-halangi (manusia) dari jalan-Nya dan menyelisihi konsep diin-Nya. "Hingga di sini kata beliau rohimahulloh. 

Sungguh Nabi shollallohu 'alayhi wa sallam telah bersabda: 

"Dan ketahuilah bahwa kemenangan (datang) bersama kesabaran." (HR. al-Hakim, at-Thobroniy dan al-Bayhaqiy.) 

Setelah sabar, sebab-sebab (datangnya) kemenangan lainnya adalah taqwa, sebagaimana Alloh ta ' ala berfirman: 

"Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian bertaqwa kepada Alloh, (niscaya) Dia akan memberikan penerang, mengeluarkan keburukan-keburukan kalian dan mengampuni (dosa-kesalahan) kalian. Dan Alloh memiliki karunia yang sangat besar. "(QS. Al-Anfal: 29) 

Alloh ta'ala juga berfirman: 

"Dan perangilah seluruh orang-orang musyrik sebagaimana mereka memerangi kalian secara keseluruhan. Dan ketahuilah bahwa Alloh bersama orang-orang yang bertakwa. "(QS. At-Taubah: 36) 

Dalam memaknai firman Alloh ta'ala, "dan ketahuilah bahwa Alloh bersama orang-orang yang bertakwa." (QS. At-Taubah: 36 ), at-Thobariy berkata: 

"Dan ketahuilah wahai orang-orang yang beriman terhadap Alloh, bahwa jika kalian memerangi seluruh orang-orang musyrik, kalian bertaqwa kepada Alloh, kalian mentaati-Nya dalam apa yang Dia perintahkan dan Dia larang, dan kalian tidak menyelisihi perintah-Nya dengan bermaksiat kepada-Nya, (niscaya) Alloh bersama kalian dalam (melawan) musuh kalian dan musuh-Nya dari antara orang-orang musyrik. Dan siapa yang Alloh bersamanya, dia tidak akan dikalahkan oleh suatu apapun karena Alloh bersama orang yang bertaqwa kepada-Nya, takut pada-Nya, dan menta'ati-Nya terhadap apa yang Dia bebankan berupa perintah dan larangan-Nya. "[Hingga di sini kata beliau rohimahulloh] 

Dan kemudian, setelah itu semua, di antara sebab-sebab (datangnya) kemenangan adalah tawakkal kepada Alloh ta'ala. Alloh ta'ala berfirman: 

"Jika Alloh menolong kalian, maka tidak ada yang (bisa) mengalahkan kalian. Dan jika Dia membiarkan kalian, maka siapa yang akan menolong kalian selain Dia. Dan kepada Alloh lah hendaknya orang-orang yang beriman tawakkal. "(QS. Alu 'Imron: 160) 

Alloh ta'ala juga berfirman: 

"Dan siapa yang tawakkal kepada Alloh maka Dia cukup baginya." (QS. At-Tholaq: ​​3 ) 

Kemudian, yang juga penting menjadi sebab kemanangan, sebagaimana yang disampaikan oleh Syekh Manshur Asy-syami, adalah adanya persatuan dan meninggalkan perselisihan. 

"Dan taatlah kepada Alloh dan Rosul-Nya, dan janganlah kalian berselisih, sehingga kalian menjadi takut (atau lemah) dan kekuatan kalian hilang. Dan bersabarlah, sesungguhnya Alloh bersama orang-orang yang bersabar. "(QS. Al-Anfal: 46) 

Sudahkah sebab-sebab kemenangan ini kita miliki? 

Wallahu'alam bis showab!


Sumber : buku "Nasihat Bagi Ahlul Jihad"
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

LIPUTAN DAKWAH

More on this category »

AUDIO KAJIAN ISLAM

More on this category »

KONSPIRASI MUSUH ISLAM

More on this category »

HOT NEWS

More on this category »

ARTIKEL ISLAM

More on this category »

Arsip Blog

Translate